Kamis, 09 Oktober 2014

JENIS TRANSFORMATOR



JENIS TRANSFORMATOR

- Transformator Step-up, adalah transformator yang memiliki lilitan sekunder lebih banyak daripada lilitan primer, berfungsi sebagai penaik tegangan.
- Transformator Step-down, memiliki lilitan sekunder lebih sedikit dari lilitan primer, berfungsi sebagai penurun tegangan, mudah ditemui terutama dalam adaptor AC-DC
- Autotransformator, transformator jenis ini terdiri dari satu lilitan yang berlanjut secara listrik dengan sadapan tengah, dalam transformator ini sebagian lilitan primer juga merupakan lilitan sekunder, fasa arus dalam lilitan sekunder selalu berlawanan dengan arus primer sehingga untuk tarif daya yang sama lilitan sekunder bisa dibuat dengan kawat lebih tipis. Keuntungan Autotransformator : ukuran fisik kecil dan kerugian yang lebih rendah daripada jenis 2 lilitan transformator jenis ini tidak dapat memberikan isolasi secara listrik antara lilitan sekunder dengan primer. Autotransformator tidak dapat digunakan sebagai penaik tegangan lebih dari beberapa kali lipat (biasanya tidak bisa lebih dari 1,5 kali)

Tidak ada komentar: