Sabtu, 12 September 2015

Contoh Application Letter dalam bahasa Inggris dan artinya

A. Menulis Surat Lamaran Berdasarkan Iklan
image
Translate : Penerbit besar mencari sekertaris wanita yang efisien, diutamakan yang mengetahui penetahuan pembukuan. Lamaran disertakan umur dan pengalaman ke Box 34111

- Application Letter (contoh surat lamaran yang baik)



27, Jalan Manunggal
Metro, Lampung
17th August, 2015
Box 34111
The Indonesian Observer
Jakarta

           Dear Sir,
           With reference to your advertisement for an efficient secretary I wish to apply this job.
After graduated from secretarial academy, I began to work as secretary in a firm of exporter of textle for whom I have worked for two years. Unfortunately, they have to stop their activities and I have, therefore, to look for a new job.
            I am very good in shorthand and typewriting. For the last six months I worked part-time in an Account Office and have a fair knwledge of book-keeping.
I shall be 25 years of age by the end of this month
Yours faithfully
Farah Dzakiyah




Terjemahan :
Dengan Hormat,
Dengan Refrensi iklan Bapak yang mencari seorang sekertaris efisien, saya ingin melamar pekerjaan ini.
Setelah lulus dari akademi sekertaris, sya mulai bekerja sebagai sekertaris disebuah firma eksportir tekstil selama dua tahun. sayangnya perusahaan itu harus menghentikan kegiatannya, karena itu saya harus mencari pekerjaan baru.
Saya sangat mahir steno dan mengetik. 6 bulan terakhir ini saya bekerja paruh waktu di sebuah kantor akuntan dan mendapatkan pengetahuan pembukuan lumayan.
Pada akhir bulan ini umur saya 25 tahun.
Hormat Kami
Farah Dzakiyah




B. Menulis Surat Lamaran Berdasarkan Informasi seseorang




               Dear Sir,
               A friend of mine, Mr. Razak, who has represented your firm in Bandung for many years, gave me your name before I left for Singapore.
               During the whole year I have been in Singapore I have tried to perfect my knowledge of English by taking an English course. I would like to work in a big firm like yours and ths is why I am writing to you to ask whether is an opening in your house present. 
                I should be most grateful for any assistance or advice you may be able to give me. If you would allow me to come and see you at any time that is convenient to you I could give you all the details about my background, my education, and my previous experience.

                 I look forward to an early reply




Terjemahan :
Dengan Hormat,
Teman saya, Bapak Rzak, yang bertahun-tahun mewakili perusahaan Bapak di Bandung memberikan kartu nama Bapak kepada saya sebelum saya berangkat ke Singapura.
Selama sepanjang tahun saya berada di Singapura, saya mencoba menyempurnakan pengetahuan bahasa inggris saya dengan cara mengikuti kursus bahasa inggris. saya ingin bekerja di sebuah perusahaan besar seperti milik Bapak dan sebab itulah saya menulis kepada Bapak menanyakan apakah ada lowongan di Perusahaan Bapak sekarang ini.
Saya akan sangat berterimakasih untuk bantuan dan saran yang mungkin Seandainya Bapak mengijinkan saya untuk datang dan menghadap Bapak setiap saat yang Bapak anggap baik, saya dapat menceritakan semua hal tentang latar belakang, pendidikan dan pengalaman saya sebelumnya kepada Bapak.
      Saya menunggu jawaban segera




C. Menulis Surat Lamaran Coba-coba



                   Dear Sir,
                   I am talking courage to write to you to inquire whether there is a vacancy in your firm which I might usefully fill.
                   I have studied management at the Faculty of Economics which I left in August with a first class honour degree. Last year our faculty arranged a visit to your factory and we were shown over the various departements of it and I was really surprised and decided to work with you if you could hire me.
                  I fully realise that is unusual to apply for a position in this way but it is just possible that in a big concern like yours there might be a job where my qualifications could be useful.
                  If my application interested you, I should be happy to work for a trial period of 3 months at a nominal salary. I am 23 years of age and of Indonesian nationality.
                  I hope you will give me the chance of an interview and I want to assure you that I would do my very best.

Yours faithfully,



Terjemahan :
Dengan hormat,
Saya memberanikan diri menulis kepada Bapak untuk menanyakan apakah ada lowongan di perusahaan Bapak yang mungkin dapat saya isi.
Saya belajar manajemen di Fakultas Ekonomi yang telah saya selesaikan pada bulan Agustus, dan lulus dengan rangking pertama. Tahun yang lalu fakultas kami mengadakan kunjungan ke Pabrik Bapak dan kami ditunjukkan beberapa bagian pabrik. Saya sanga terkesan dan memutuskan untuk bekerja di Perusahaan Bapak seandainya Bapak mau mengerjakan saya.
Saya sadar sepenuhnya bahwa melamar pekerjaan dengan cara ini tidaklah umum, tetapi ada kemungkinan di  Perusahaan besar seperti yang Bapak punyai ada pekerjaan di mana keahlian saya dapat gunakan.
Seandainya lamaran saya ini berkenan di hati Bapak, saya akan bahagia bekerja dengan masa percobaan 3 bulan dengan hanya mendapat gaji pokok. Saya berumur 23 tahun dan warga negara Indonesia.
Saya berharap Bapak sudi memberikan kesempatan untuk wawancara dan saya bermaksud meyakinkan kepada Bapak bahwa saya akan bekerja dengan sebaik-baiknya.
                                                                              
Hormat Saya,

Tidak ada komentar: